Cara Melakukan Optimasi SEO On Page pada Blog sebenarnya
sangat mudah jika saudara sudah punya pengetahuannya. Berbeda dengan optimasi
Off Page, biarpun anda sudah mempunyai pengetahuannya, tetap saja eksekusinya
akan sulit dilakukan.
Apa Itu Optimasi SEO On Page?
Optimasi SEO atau Search Engine Optimization onpage adalah
suatu istilah dalam SEO, yang mengacu kepada segala sesuatu yang saudara
lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website. Tujuan utama dari
optimasi ini adalah memperbaikifaktor-faktor SEO onpage agar mesin pencari
mendapatkan penekanan kata kunci yang benar dari suatu halaman.
Kenapa optimasi ini harus dilakukan? Supaya mesin pencari
tidak bingung saat tiba di halaman-halaman blog saudara. Untuk memudahkan
saudara memahaminya kita umpamakan saja seperti ini: ada begitu banyak orang di
dalam sebuah lapangan, saudara tidak akan bisa membedakan yang mana orang
penting dan yang mana orang biasa jika mereka memakai seragam kan? Nah, oleh
karena itu dikembangkan sistem atribut. Siapa yang mengenakan atribut jabatan
tertinggi, maka dialah yang terpenting.
Sistem atribut inilah yang dipakai oleh Google untuk
menentukan, apa saja penekanan dari sebuah halaman web. Mungkin sekarang
teman-teman bertanya apa saja atribut SEO on Page itu?
Atribut Dalam Optimasi SEO On Page
Perhatikan berikut ini adalah atribut optimasi onpage
yang umumnya digunakan :
• Title tag
• Meta
Description
• URL
• Judul
Halaman <h1>
• Judul
Artikel <h2>
• Sub Judul
Dalam Artikel <h3>
• Cetak
tebal/miring <b> atau <i>
Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan
satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata
mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata
muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling
penting di halaman itu.... Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah
jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya...
Jadi saya akan coba membahas masalah on page ini untuk kedua
bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara
nilai onpagenya. Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber
dari halaman web tersebut.
POIN SEO ONPAGE TERTINGGI <head> ADA DI TITLE
TAG
Ini hanya ada di bagian <head>, dan kodenya
adalah :
<title>Isi Dari Title Tag</title>
Yang terpenting adalah apa saja yang bisa saudara isikan
pada title tag ini. Harap hati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak
praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut on page yang
terpenting.
Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan
kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu saudara ketahui
bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi. Jadi
sebaiknya format dari isi title tag adalah :
• JUDUL
ARTIKEL saja, atau
• JUDUL
ARTIKEL - NAMA BLOG.
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL. Kecuali blog saudara sudah punya reputasi selangit, mau bagaimana saja
terserah.
META DESCRIPTION
Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta
robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus
memperhatikan beberapa hal, yaitu :
• Panjangnya
maksimal 150 karakter.
• Tidak
mengulang suatu kata lebih dari dua kali
• Tentu
saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
Kalau saudara bingung masalah title tag dan meta
description, dalam penerapannya di blogspot, bisa baca artikel saya tentang
cara memasang title tag dan meta description. Sekali lagi, ini memegang poin tertinggi di
<head> jadi jangan lewatkan optimasi on page yang satu ini.
URL
URL yang baik itu seharusnya berisikan
domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di
bawah ini :
http://www.justicia.com/buku/komik/onepiece-episode-56.html
Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang
jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL
yang tidak jelas seperti di bawah ini :
http://www.contohsaja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988
URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan
benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.
POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE PADA <body> ADA DI
JUDUL HALAMAN <h1>
Judul halaman sudah barang tentu diupayakan mengandung kata
kunci yang saudara targetkan, karena bagaimana pun <h1> haruslah
berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar
berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar
halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari <h1> sangat besar di dalam teknik
onpage halaman web.
JUDUL ARTIKEL <h2>
Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya
apakah nilai on page tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul
halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2.
Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya
sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.
SUB JUDUL DALAM ARTIKEL <h3>
Ini bisa dikatakan
sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam
memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam
pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan saudara.
CETAK TEBAL/MIRING
Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi
onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang
dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca
dari halaman tersebut.
Pelengkap Optimasi SEO Onpage
Kalau semua optimasi SEO onpage di atas sudah anda lakukan,
maka ada beberapa tambahan lagi yang perlu saudara perhitungkan :
• Pastikan
konten saudara unik
• Pastikan
juga ada link menuju label
• Tentunya
harus ada link menuju beranda dari blog
• Ada
artikel terkait (related post) berdasarkan label yang bisa dibaca oleh mesin
pencari.
Sekian artikel ini. Mudah-mudahan materi ini bisa membantu
saudara dalam membangun website atau blog yang memiliki SEO onpage yang baik.
Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat