Google sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, selalu melakukan perubahan pada algoritma mereka. Update terakhir yang dirilis oleh Google baru-baru ini adalah diluncurkannya Panda 4.0 yang membuat perubahan yang cukup signifikan pada hasil pencarian di mesin telusur Google. Perubahan ini tentunya menjadi perhatian yang sangat penting bagi semua pemilik website, terutama mereka yang mengandalkan #Google sebagai sumber trafik.
Namun, walaupun Google selalu mengeluarkan update pada algoritma mereka (mungkin akan terus dilakukan), standard penting untuk webmaster tidak mengalami perubahan. Google menginginkan para pemilik website/ blog untuk selalu memberikan konten terbaik dan up to date bagi visitor mereka.
Berikut ini adalah 8 elemen penting dalam SEO website :
1. Update Blog dengan Konten yang Bermanfaat Bagi Audiens
Membangun konten yang selalu up to date dan relevan dengan bisnis Anda akan membuat blog bisnis Anda mendapat kepercayaan yang lebih dari audiens, dan tentunya dari mesin telusur Google. Saya sendiri sudah membuktikan bahwa kualitas konten merupakan faktor yang sangat penting bagi kesuksesan sebuah website/ blog di mesin pencari.
2. Website/ Blog Terintegerasi Dengan Google Authorship
Fitur ini dikeluarkan oleh Google sudah lama sekali, namun masih banyak pemilik website/ blog yang belum memanfaatkannya. Google Authorship adalah cara Google untuk memferifikasi penulis konten dalam sebuah website, dan memperhitungkan seberapa besar keahlian (otoritas) masing-masing penulis terhadap sebuah topik. Dan ternyata Author Rank (Ranking Penulis) sangat mempengaruhi hasil pencarian di mesin telusur Google.
Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan seorang pemilik website jika mengintegrasikan website/ blognya dengan Google Authorship adalah Authorship Markup. Anda pasti pernah melihat gambar profil penulis di dalam hasil pencarian mesin Telusur Google, nah inilah yang disebut dengan Authorship Markup. Berdasarkan penelitian, Authorship Markup bisa meningkatkan jumlah klik ke sebuah website karena lebih menarik perhatian para pengguna Google.
3. Tingkatkan Kecepatan Situs (Load Time)
Pada dasarnya, kecepatan situs diukur dari betapa cepatnya ia muncul di browser pengguna.
Ada beberapa faktor yang turut menentukan lamanya load time, seperti waktu server, waktu browser, besarnya file suatu halaman, dan masih banyak lagi. Sebagai pemilik website, anda harus bisa memastikan bahwa website anda bisa diakses user dalam 2 detik saja. Kenapa? Tren website menyatakan bahwa load time yang bagus itu adalah 2 detik, lebih dari itu konversi website tersebut akan menurun.
Tapi seberapa pentingkah load time itu? Sebagai internet marketer anda pasti tahu bahwa load time bisa meningkatkan SEO anda. Semakin cepat load time, semakin bagus website anda di mata Google. Ingat bahwa Google tidak suka website yang lama diakses, ini hanya akan membuat kekuatan SEO anda menurun.
Selain menentukan SEO, load time juga mempengaruhi user experience. Jika website anda lambat, ini akan membuat user kabur sebelum melihat website anda dan tentu saja ini adalah pengalaman yang buruk bagi user. Jadi, pastikan website anda bisa diakses secepat mungkin
4. Menambahkan Keywords di Dalam Konten
Menurut saya strategi penambahan keywords di dalam konten adalah faktor yang masih krusial dalam SEO, dan akan selalu begitu. Memasukkan kata kunci yang relevan berikut dengan kata kunci yang masih berhubungan adalah praktek optimasi SEO yang baik, namun perhatikan juga frekuensi penggunaa keywords di dalam konten karena terlalu banyak memasukkan kata kunci tertentu di dalam konten akan dianggap keywords stuffing yang bisa berakibat buruk pada SEO website Anda.
Memaksimalkan penggunakan keywords secara maksimal merupakan bentuk copywriting yang sangat baik. Tentunya ini akan sangat berguna bagi audiens Anda, dan sekaligus SEO website Anda.
5. Meningkatkan Jumlah halaman yang terindeks
Ini adalah jumlah halaman di website anda yang sudah di-crawl oleh Google dan muncul di hasil pencarian.
Pada dasarnya, halaman yang terindeks sama dengan konten yang ada di website anda. Semakin banyak konten, semakin tinggi peluang situs anda untuk muncul di hasil pencarian pada keyword tertentu. Anda juga bisa menambahkan internal link dalam suatu konten karena ini juga bisa meningkatkan SEO pada website anda. Tapi, sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Matt Cutts bahwa konten yang banyak tidak menjamin situs anda memiliki ranking yang lebih baik di Google.
Walaupun kuantitas tidak menjadi faktor dalam SEO, itu tidak berarti hal yang sama terjadi pada kualitas konten. Jadi, yang sebaiknya anda lakukan adalah meningkatkan kualitas dari konten anda. Semakin panjang dan berkualitas isi konten anda, semakin baik konten tersebut bagi Google. Jumlah kata yang memiliki ranking yang tinggi pada suatu konten biasanya memiliki 2000 lebih kata.
6. Membangun Konten yang Membahas Sebuah Topik Secara Mendalam
Kita perhatikan bahwa saat ini Google cenderung lebih mengutamakan konten yang mendalam pada hasil pencarian mereka, biasanya kontennya panjang. Sangat mudah membuat sebuah konten sederhana dengan teks sebanyak 400 kata, lalu mengoptimasinya untuk beberapa kata kunci tertentu. Sepertinya Google sudah menyadari hal ini.
Bila saat ini Anda memiliki beberapa artikel post yang pendek (400 kata atau kurang), kemungkinan besar konten tersebut tidak mendapat posisi yang baik di mesin pencari. Jika Anda ingin mendapat trafik lebih banyak dari artikel tersebut, mungkin Anda perlu memperbaikinya. Sebenarnya tidak ada standar pasti untuk jumlah kata dalam setiap artikel Anda, tapi biasanya konten yang membahas sebuah topik secara mendalam setidaknya bisa mencapai 1000 kata atau lebih.
7. Membangun Konten Yang Saling Terkait
Cukup banyak pemilik website yang berusaha mengoptimasi halaman tertentu untuk mendapatkan trafik dari beberapa kata kunci yang agak melebar sekaligus. Pada beberapa kasus ini bisa saja kita terapkan jika beberapa kata kunci tersebut memang masih sangat berkaitan. Namun, bila beberapa kata kunci tersebut agak melebar, akan lebih baik bila kita membangun beberapa konten yang berbeda dan membahas secara fokus masing-masing kata kunci yang akan dioptimasi.
Membangun banyak konten yang saling terkait akan sangat baik untuk kampanye SEO website Anda. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan pengalaman audiens Anda selama berada di website/ blog bisnis Anda. Sertakan internal link di dalam setiap konten Anda, agar pembaca bisa menjelajahi lebih banyak konten di blog Anda tersebut.
8. Mengetahui Perilaku user di website
Untuk mengetahui apakah website anda bisa menarik atau tidak, anda bisa melakukan tracking terhadap apa saja yang dilakukan pengunjung di website. Dengan melakukan ini, anda tahu pola dan perilaku user ketika mengunjungi website anda seperti berapa banyak halaman yang mereka lihat, interaksi sosial media, hingga berapa transaksi ecommerce terjadi pada rentang waktu yang telah ditentukan.
Mengukur jumlah pengunjung yang datang dalam rentang waktu yang telah ditentukan itu penting untuk mengetahui pola mereka dalam mengunjungi website anda. Dari data yang anda peroleh ini, anda bisa memahami pengunjung anda secara mendalam dan lalu menawarkan sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan.